Payudara Bengkak Karena Mens, Rawat dengan Cara Praktis Ini

Payudara bengkak dapat terjadi menjelang menstruasi. Pada saat payudara bengkak, bagian ini menjadi terasa lebih besar, bahkan pembuluh darah mungkin akan terlihat jelas, berwarna biru kehijauan. Nggak hanya itu saja, kulit pun akan terasa menjadi kasar, dan payudara terasa lebih hangat. Nah. perubahan bentuk payudara ini bisa membuat kamu merasa sakit atau nyeri, kawan.

Payudara yang nyeri karena siklus menstruasi disebut nyeri siklik. Biasanya, pembengkakan dan rasa sakit terasa paling parah saat menjelang menstruasi dan terjadi pada kedua payudara. Rasa sakit karena payudara bengkak yang disebabkan oleh PMS (premenstrual syndrome) ini bisa kamu kurangi dengan perawatan praktis, seperti berikut ini:

Kompres dengan Es

Kompres payudara dengan air dingin selama 20 menit tiap kalinya. Lakukan sesering yang kamu butuhkan, kawan. Caranya cukup mudah kok, bungkus es menggunakan handuk, lalu tempelkan pada daerah payudara dan pijat perlahan-lahan. Mengompres payudara dapat mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri juga lho.

Perawatan dengan Sesuatu yang Hangat

Air hangat atau bantal pemanas juga bisa dihunakan untuk merawat payudara yang bengkak. Suhu hangat ini, selain dapat mengendurkan otot-otot yang tegang, dapat membantu meredakan rasa sakit juga. Letakkan bantal pemanas atau botol berisi air hangat pada payudara. Pengin sekalian merelaksasi tubuh? Bisa juga berendamlah di air hangat biar kamu merasa lebih nyaman.

Pakai Bra yang Nyaman

Tahu nggak, kawan, bra yang nyaman bisa membantu mengurangi sakit dan melindungi payudara dari efek gravitasi. Ingat, hindari memakai bra berkawat selama payudara masih sakit. Ketika tidur pakailah bra yang pas dan nyaman agar dapat menyangga payudara dengan baik ya.

Bra Khusus Ketika Olahraga

Saat payudara sedang bengkak, kamu bisa tetap berolahraga lho. Tapi pastikan mengenakan bra yang tepat pada saat beraktivitas fisik. Pilihlah bra khusus olahraga atau sport bra. Sebab bra ini dirancang khusus untuk menopang payudara dengan benar selama berolahraga dan membantu melindunginya dari dampak gerakan-gerakan secara fisik.

Perhatikan Makanan dan Minuman

Perhatikan asupan makanan dan minuman, kurangi mengonsumsi makanan yang berlemak, seperti gorengan, dan ganti dengan buah-buahan, sayuran, serta karbohidrat kompleks. Makanan dengan kadar garam yang tinggi juga disarankan untuk dikurangi. Selain itu, hindari minuman bersoda dan minuman berkafein, seperti halnya kopi, teh, dan cokelat.

Minum Obat Penghilang Nyeri

Nah, kalau rasa sakit benar-benar membuat nggak nyaman, kamu bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, seperti ibuprofen, acetaminophen atau naproxen sodium. Naproxen sodium dan ibuprofen juga membantu mengurangi beberapa jenis pembengkakan, termasuk payudara bengkak.

Gunakan Cream Payudara Terbaik 

Rutinlah menggunakan krim payudara terbaik. Pastikan Krim Payudara tersebut direkomendasikan oleh pakarnya. Gunakan Krim Oles Untuk Payudara yang direkomendasi oleh Boyke Dian Nugraha.

ORIS BREAST CREAM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *